Ngantor dan Berbisnis

Photobucket

2.28.2009

PUTRI MALU Untuk Muslimah


Suatu hari Rasulullah SAW berjalan-jalan bersama putrinya, Siti Fatimah. Namun saat hendak beristirahat dekat sebuah pohon, terpijaklah oleh Fatimah semak tanaman Putri Malu atau tanaman sikejut. Tanaman ini berduri banyak dan akan menguncup jika tersentuh
Kaki Fatimah berdarah terkena duri tanaman Putri Malu. Fatimah pun menangis karena terluka. Dengan sedikit kesal sambil meringis kesakitan Fatimah berkata kepada ayahnya. Apa guna diciptakan Allah tanaman Putri Malu yang membuat telapak kakinya terluka.
Dengan bijak Rasulullah SAW menjelaskan kepada puteri kesayangannya betapa sebenarnya PUTRI MALU amat sangat berdekatan dengan ihwal kaum wanita. Maka Fatimah pun terkejut dengan apa yang disampaikan Rasulullah SAW.
Menurut Rasulullah para wanita hendaklah mengambil pelajaran dari diciptakannya tanaman PUTRI MALU ini. Sebab menurut beliau ada empat hikmah yang dapat menjadi pelajaran wanita muslimah dari tanaman ini. Menurut beliau wanita muslimah diibaratkan sebagai putri malu ada empat perkara :
Pertama, Tanaman Putri Malu akan menguncup jika disentuh. Maka ini diibaratkan bahwa wanita muslimah mesti memiliki perasaan malu sehingga terjaga dirinya dari perbuatan hina
Kedua, Putri Malu memiliki duri tajam untuk mempertahankan dirinya. Oleh sebab itu maka wanita perlu mempertahankan harga dirinya atau martabatnya sebagai wanita muslimah dalam setiap pergaulannya
Ketiga, Putri Malu memiliki akar yang amat kuat dan mengcengkeram bumi. Ini memiliki makna wanita muslimah hendaklah memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan Allah Rabbul ‘alamin yang menciptakan bumi ini. Sehingga akan selalu ingat harkat dirinya sebagai hamba ciptaan Allah
Keempat, Putri Malu akan menguncup dengan sendirinya jika tiba senja hari menjelang. Karena itu wahai para muslimah, kembalilah segera ke rumah jika hari telah mendekati senja





20 komentar:

  1. manusia sebagai makhluk tuhan yang paling tinggi derajatnya, tidak tertutup kemnngkingan untuk dapat belajar dari lingkungan sekitar, termasuk belajar dari hewan dan tumbuhan.. nice post bunda.....

    BalasHapus
  2. analogi yang kuuereeennn... Rasulullah SAW memang mampu mempermudah kita untuk memaknai sesuatu...

    BalasHapus
  3. Filosofi.....yang amazing Bun.....gw banget tuh bun di senggol pasti langsung nguncup....gimana ga nguncup, nyenggolnya pake badik sekali kena badik nguncup dehh di rumah sakit ga bisa ngelayap kemana mana....kekekeke....ampunnn Bunnn candaaa candaaa

    BalasHapus
  4. Salam Bunda Yulia..

    Jika di Malaysia, Putri Malu dipanggil Pokok Semalu. Memang pokok ini bertepatan sekali dengan sifat yang seharusnya ada pada seorang wanita iaitu MALU, MENJAGA MARUAH, KUAT(TABAH)dan TETAP tinggal di rumah (tidak merayau tanpa tujuan). Mudah-mudahan kita dapat mengambil pengajaran daripada pokok Semalu ini..insyaAllah

    BalasHapus
  5. Bundaaaaaaa......
    Rio kangen.

    BalasHapus
  6. Bun, etamah Ali Musa disebatna....dan ceritanya sama,,,namun yang ini terhadap lelaki.

    BalasHapus
  7. wow nice posting bunda....
    Putri malu...hmm namanya aja sudah kerennn...semoga aku selalu menjadi putri malu ya...heheheh

    BalasHapus
  8. putri malu...analoginya menyentuh bunda..thanks sharingnya..

    BalasHapus
  9. @ mama hilda : sama-sama bunda juga berterimakasih sudah bersedia hadir dan komentar di sini

    @ Atca : semoga dikau selalu menjadi putri malu yang disayang semua orang. Amin

    @ Bang Ir : o gitu ya Bang Ir .. saya malah ga ngerti. hatur nuhun tos kersa sumping ka rorompok bunda

    @ riosisemut : Kangen? sini dong bunda lagi bikin lontong balap...yu makan bareng2

    @ Tirana : Jazakillah khairan katsira Tirana. Semoga begitulah hendaknya wanita dalam menjaga marwah dirinya

    @ Yumaima : yups betul sepertinya itu dirimu banget ...semoga benar adanya..amiiiin

    @ Senoaji : betul mas, keteladanan Beliau senantiasa menjadi cermin bagi kita untuk menjadi hambaNya yg baik..bukan dengan kekerasan namun dengan bahasa yang santun

    @ Ifoel : Tidak diciptakan segala sesuatu dengan sia-sia. Begitulah salahsatu bunyi firmanNya, dan inilah salahsatu contohnya

    BalasHapus
  10. makasih bunda, saya baru kali ini diberi tahu...

    BalasHapus
  11. jadi putri malu asal jangan jadi putri malu-maluin hehe...

    BalasHapus
  12. jujur bun, skrg jaman dah modern
    jarang dq ngliat tumbuhan putri malu
    (*lho..koq malah gak nyambung...

    BalasHapus
  13. @ Nyante Aza Lae : ya nyarinya di mall sih .. kalo yg tinggal di pinggiran Jakarta spt bunda sih masih banyak ..hehe :P

    @ @Coy : sedalam apakah menurut dirimu Nak..

    @ Lyla : kira-kira begitu ya mbak Lyla

    @ suryaden : alhamdulillah jadi sekarang sudah tau kan..

    BalasHapus
  14. blogwalking here with this lovely smile :)

    -cheers-

    BalasHapus
  15. iya bener tu bun asal jangan malu-maluin ajahhhh :) hehehehe...

    BalasHapus
  16. @ cheexa : thankyou for coming, dear

    @ genial : kalo malu-maluin semoga trus segera menyadari dan memperbaiki diri, ya doain aja biar jadi lebih baik.

    BalasHapus
  17. ikutan jual pulsa yukkk....?

    bonusnya gede lho...?

    mau gabung silahkan DAFTAR DISINI

    jika butuh bantuan silahkan hubungi :
    E-mail : kusuma_net@yahoo.co.id
    YM : pg_cooler
    HP : 085641788054

    BalasHapus

sobat Bunda semua, terimakasih sudah bersedia meninggalkan komentar. Mau nyampein kritik juga boleh... Monggo tak perlu ragu-ragu.
Jika ada kekeliruan, mohon dimaafkan yaaa