Ngantor dan Berbisnis

Photobucket

3.26.2009

Remaja Hacker Jadi Jutawan

Usianya masih remaja, 18 tahun. Tapi keahlian pemuda bernama Owen Thor Walker sebagai hacker pastinya bikin remaja lain pada ngiri. Pasalnya remaja asal Selandia Baru ini baru saja beroleh pekerjaan sebagai konsultan keamanan untuk TelstraClear sebuah perusahaan telekomunikasi.
Tak main-main, remaja Selandia Baru ini pernah membantu gang hacker yang merasuk ke lebih dari sejuta komputer di berbagai belahan dunia dan setidaknya sempat menyedot jutaan dolar dari akun bank, lewat manipulasi kartu kredit.

Nah keahliannya sebagai hacker itu, kini dimanfaatkan untuk menolong para senior eksekutif dan customer biar paham adanya ancaman keamanan terhadap jaringan komputer mereka.
Walker mengaku bersalah Juli lalu karena apa yang dilakukannya terendus FBI yang diperkirakan telah membobol sampai 1.3 juta komputer dan merusak sistem komputer pada sejumlah akun bank yang nilainya lebih dari 20juta dolar.

Tuntutan kepada Walker --yang memakai nama online "AKILL" dicabut dan dia dibebaskan tanpa catatan kriminal setelah dibayar oleh sebuah lembaga karena keahliannya.
Walker sendiri kini siap memberikan serangkaian seminar yang digelar TelstraClear, tempatnya bekerja, kata Miram, juru bicara perusahaan telekomunikasi tersebut.
Mirams menambahkan bahwa keberadaan Walker justru untuk memberitahukan kepada masyarakat bahwa kejahatan cyber itu ada dan bagaimana menghadapinya.

Sebagian hacker melakukan kejahatan cyber dengan cara mengirim email secara massal ke perusahaan targetnya atau sistem komputer pemerintah agar terjadi overload dan kemudian merusak sistem. Dengan begitu para hackers ini kemudian menggunakan komputer untuk mencuri data informasi kartu kredit, memanipulasi pasar bursa. Yah semuanya itu ternyata ujung-ujungnya duit .

Intinya jika kepandaian digunakan untuk sesuatu kejahatan akhirnya membawa kerugian bagi orang banyak. Bunda ngga tahu apakah beruntung atau apa disebutnya karena Walker kini malah didapuk jadi "expertise". Semoga saja anak-anak Indonesia yang pandai-pandai di bidang IT ngga berkelakuan "nyleneh" seperti si Walker

sumber : The Associated Press (25/03/2009)

35 komentar:

  1. hebat juga tu anak,,, tp mesti masukinpesantern dulu deh...

    hhehe..

    BalasHapus
  2. kita anak Indonesia baik2 ya bun,,,*maunya* :)

    BalasHapus
  3. coba saya klo yng jadi hackernya...hmhmhm. heheh

    BalasHapus
  4. wwaaaa.......aku bangga jadi orang indonesia bunda

    BalasHapus
  5. ada gak yaa orang indonesia yang sepintar ituu

    BalasHapus
  6. haduh, kepandaiannya dipake hal2 yang merugikan orang lain...keblinger itu namanya...

    BalasHapus
  7. wah keahlian yang membawa duit.. huehuehuehuehuheu

    BalasHapus
  8. itulah jika ilmu benar-benar digunakan

    BalasHapus
  9. ngiri ngiri ngiri mode on,..!!!

    BalasHapus
  10. Hebatnya remaja ini tapi alangkah bagusnya dia mendapat bimbingan dari awal agar tidak terjebak dengan jenayah...

    BalasHapus
  11. Iya Bunda, Kecerdasan Intelegensia tanpa disertai kematangan spiritual, malah berpotensi membahayakan orang lain

    Pondokku

    BalasHapus
  12. memang biasanya orang yang "paling" itu yang bakal terkenal. tul gak bun? :)

    BalasHapus
  13. bunda sekarang saya akan berusaha menjadi anak yang baik hati :)

    BalasHapus
  14. wah ada filmnya nih.. tapi apa ya?? saya lupa judulnya bunda :)

    BalasHapus
  15. *hati berbunga-bunga* Dulu seneng jadi anak Indonesia, sekarang bangga jadi anak Indonesia...

    BalasHapus
  16. Hehehehe,....Cracker hebring.....untung saya bisanya bobol duit laki saya duang bun...coba kalo bisa bobol duit bank...wedewwwww.....pasti merem melek saya digebukin di indonesia...jiaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  17. hebat ya bunda..masih remaja begitu udah jadi hacker..
    jadi pengen juga nih bunda..punya keahlian nge-hack..
    saya mo bobol rekening bank para konglomerat, trus uangnya saya kasih ke orang2..hahaha

    BalasHapus
  18. Kecerdasan intelegensia selayaknya dibarengi kecerdasan akhlaqnya, baru aman dech dunia... :)

    BalasHapus
  19. duh masih mudah udah bisa segitunya ya..semoga ngga jadi hacker lagi deh..

    BalasHapus
  20. waw... di indo ada g ya???

    tp pnddkn IT dini jg krg sih, yg ikutan seminar pada jangguten.. hihikss...

    tetap smngat...

    BalasHapus
  21. nggak punya cita2 jd hacker bun, kerja yg halal lebih penting.... :)

    BalasHapus
  22. Kalo saia melihatnya bukan pada "si Walker"nya Bun.., tapi perlakuan dan pengakuan institusi atau negara terhadap potensi rakyatnya yang "nyleneh" namun brilliant dengan mengarahkan ke aktifitas yang baik dan menguntungkan bagi semua pihak... itu yang patut di hargai...

    Masih ingat dulu ada orang bisa bikin senapan ditangkap lalu dipenjara ..bukannya diarahkan untuk menjadi karyawan Pindad umpamanya...

    ah entahlah.....

    BalasHapus
  23. waduh kok jadi pengen yah :D

    tapi saya udah tua bunda...hihihi

    biarlah urusan ntuh anak muda aja yang ambil alih...kekekek

    BalasHapus
  24. hihihii, begitulah jalan hidup hacker tangguh bun. hampir 90% hacker tangguh ga akan dipenjara. lho, kok bisa? tanyakan pada perusahaan berduit segudang. wakakakka.

    BalasHapus
  25. hacker yang begini yang bisa membuat para netter mengacungkan dua jempol, bukannya malah digunakan utk membobol web orang.

    BalasHapus
  26. @ Sawali Tuhusetya : betul Pak Sawali. Memfasilitasi utk tujuan positif dan mendapat imbalan yg layak sudah selayaknya diberikan.

    @ Anak Hilang : kalo di Indonesia gimana mas?

    @ gdenarayana : hehe setua apa sih..yg penting semangatnya tetep muda Bli..

    @ Xitalho : seringkali pandangan kita tak bisa berbanding lurus dengan kebijakan pemerintah kita dalam memandang hal yg contohnya seperti ini bang.. gitu kan?

    @ wong solo : betul banget mas

    @ izoel : lain padang lain belalang .. kalo di negri kita ada yg spt ini belum tentu dpt dipandang sbg potensi o/ pemerintah, ya mas?

    @ mama hilda : kecuali kalo nylenehnya kumat lagi mam

    @ Umi Rina : setuju umi

    @ budiawan hutasoit : bang Budi...jangan gitu, kalo sampeyan di bui bundo bisa nangis bombay...

    @ brown sugar : hehehe bisa aja si eneng nih...

    @ ajeng : itu harus Jeng ... alias kudu...:P

    @ neng aia : oiya??? bikin reviewnya dong biar bunda dan sobat blogger lain jadi tau..oke

    @ JONK : hehe..emang selama ini kenapa Jonk...

    @ babeh : yang jelas mudah dikenal karena "mahiwal"-nya ..duh bunda ga bisa nerjemahin apa sih mahiwal ..

    @ Erik 263927 : apa karena terlalu belia ya bang jadi dimanfaatkan orang jahat

    @ Tirana : betul Tirana, kawalan sejak belia seharusnya datang dari kedua orangtuanya agar anak sentiasa dalam jalur positif

    @ Brigadista : makanya ayo semangat ..semangat ..semangat belajarnya

    @ dafhy : harus dalam atmosfer positif terus agar intelejensinya maksimal untuk kebaikan

    @ subagya : masing-masing ada bagiannya ya Chal .. dirimu juga udah makin meningkat tuh $$nya ..:P

    @ Anna Fardiana :Begitulah mabk tapi kini kan sudah ada perusahaan yg menangkap potensi dirinya.

    @ Pecinta Ahlul Bait : jika diselisik pasti ada anak Indonesia yg punya potensi spt Walker.. hanya saja fasilitas komputer di kita kan belum bisa maksimal layaknya di negara-negara maju.

    @ Bang Ir : kalo bang Ir jadi hacker? ..hmmh ga kebayang Bang

    @ TUKANG ARSIP : so pasti baik-baik. Bunda percaya sekali anak-anak Indonesia cerdas dan patut dibanggakan. Hanya sayangnya belum mendapat fasilitas maksimal dr pemerintahnya... hiks.

    @ Sang Penyamun : hehe masukin pesantren di sarang penyamun trus diajar berpantun ...:P

    BalasHapus
  27. hebat yah
    numpang keren bunda
    byme

    BalasHapus
  28. @ byme : monggo..monggo.. semoga byme tidak termasuk yang "nyleneh".. salam

    BalasHapus
  29. wah anak2 kecil aja udah bisa jafi hacker huaaa... hebatttt

    BalasHapus
  30. black hacker apa white hacker yak bund hehhe

    BalasHapus
  31. Wuick, anak sekecil itu udah jadi hacker, huebat, andai itu aku bisa jadi kayak gitu pas remaja dulu.

    BalasHapus
  32. Wuick, anak sekecil itu udah jadi hacker, huebat, andai itu aku bisa jadi kayak gitu pas remaja dulu.

    BalasHapus
  33. Wah... usia 18 tahun bisa seperti itu ya... Belum terlambat, masih ada 3 tahun buatku untuk setidaknya menyamai dia... Wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  34. dah yg umur lewat kepala 3 aja dah gaptek..
    ck..ck..ck,salut dq bun
    cuman sayang, keahliannya diselewengkan

    BalasHapus
  35. wow pinter banget tuh anak masih belia lagi, tapi pinter e sampe kepinteran hehehe

    BalasHapus

sobat Bunda semua, terimakasih sudah bersedia meninggalkan komentar. Mau nyampein kritik juga boleh... Monggo tak perlu ragu-ragu.
Jika ada kekeliruan, mohon dimaafkan yaaa