Ngantor dan Berbisnis

Photobucket

4.06.2009

PAGET DISEASE PAYUDARA? Apa sih itu....?

Sobat bloggers, bunda minta maaf nih.. beberapa saat tidak update dan juga tidak berkunjung ke rumah sobat-sobit bunda. Ini karena kesehatan kedua orangtua yang terganggu membuat bunda perlu mendampingi beliau berdua. Alhamdulillah kini sudah membaik dan bisa ditinggal.... Kali ini ada informasi tentang penyakit yang ingin di sharing dengan para sobat bloggers

Info ini dari email teman. Berhubung foto2-nya cukup mengerikan, mohon maaf fotonya disensor dan diganti foto lain cukup satu saja ya , biar ga terlalu seremmm.
Penyakit Paget memang jarang terdengar ya. Namun ada baiknya kita mengenalinya. Penyakit ini menyerang payudara dan bisa mengakibatkan kanker payudara. Tak pandang bulu, penyakit ini tak hanya menyerang kaum hawa, juga bisa menyerang para kaum lelaki juga. Nah, khusus di wilayah Payudara, yang menjadi sasaran penyakit ini di bagian puting susu dan areola (bagian hitam di seputar puting susu). Penyakit ini pun bisa menyerang bagian tubuh lainnya, seperti tulang, dan juga pada kelamin laki-laki (buah zakar) dan pada perempuan (di bagian vulva).
Gejala awal penyakit ini yang paling mudah dikenali adalah munculnya ruam merah atau bintil merah pada puting payudara dan bagian areola yang sangat gatal, peka saat tersentuh, terasa panas dan nyeri serta keluar cairan darah dari puting. Diagnosa terhadap penyakit Paget baru dapat ditegakkan jika dilakukan biopsi dengan cara mengambil jaringan dari puting atau areola yang menderita sakit.
Tindakan pengobatan yang tuntas biasanya dilakukan dokter dengan cara operasi di bagian puting dan areola yang sakit. Tindakan ini dilakukan agar tidak mengarah menjadi kanker payudara.


Penyakit Paget pada puting payudara, meski jarang terjadi namun harus tetap menjadi perhatian kita. Sebab lebih dari 95% mereka yang menderita penyakit Paget pada dasarnya sudah menyimpan bibit kanker payudara. Misalnya saja dari kasus 211.240 kasus baru kanker payudara di AS pada tahun 2005 kurang dari 11 ribu di antaranya berawal dari menderita penyakit Paget.
Sebagian besar penderita Paget pada puting payudara usianya di atas 50 tahun, baik perempuan maupun laki-laki. Namun ada juga yang baru berusia 20 tahun. Penyaki ini diberi nama sesuai dengan nama penemunya yaitu Sir James Paget, ilmuwan yang pertama kali menemukan adanya penyakit kulit seperti eksim di bagian payudara yang kemudian berubah jadi kanker ganas. Paget juga menemukan penyakit ini yang menyerang tulang, dan alat kelamin laki-laki dan wanita.
Sebagian besar ilmuwan belum berhasil menguak misteri penyebab penyakit Paget, khususnya yang menyerang bagian puting dan areola. Namun teori Paget menyebutkan adanya sel kanker yang kemudian disebut sel Paget yang istirahat sejenak di dalam tumor payudara dan kemudian bermutasi melalui kelenjar susu menuju permukaan kulit puting susu dan menyebabkan penyakit Paget di puting dan areola dengan keluhan awal sebagai eksim kulit yang semakin kronis.
Teori ini berdasarkan fakta bahwa 97% penderita penyakit Paget ternyata menyimpan bibit kanker payudara yang disebut intraductal carcinoma. Intraductal carcinoma adalah kondisi dimana sel abnormal berada hanya pada kelenjar susu dalam payudara dan tidak menyebar ke tempat lain melainkanhanya pada jaringan kelenjar payudara saja. Namun tak menutup kemungkinan menyebar melalui kelenjar getah bening yang berada di bawah ketiak yang terdekat dengan payudara dan kemudian menyebar ke kelenjar getah bening di bagian tubuh lainnya.
Gejala awal yang tampak antara lain :
1. bintik kemerahan pada bagian areola dan puting susu
2. terasa gatal yang amat sangat diikuti rasa panas nyeri jika tersentuh
3. eksim kulit di seputar puting dan areola yang tak kunjung sembuh
4. hanya terjadi pada sebelah payudara, meski tak menutup kemungkinan kedua payudara ikut terserang

Bagaimana mendiagnosa Penyakit Paget?
- dilakukan biopsi atau mengambil jaringan dari salahsatu payudara yang terjangkit
- sel paget akan diperiksa melalui mikroskop
- dilakukan mammography (dengan sinar X khususnya di payudara yang sakit)

Bagaimana mengobati Penyakit Paget?
Sebagian besar dokter akan menyarankan operasi atau bedah di bagian puting dan areola payudara kemudian mendapat kemoterapi jika terdapat ciri-ciri mengarah menjadi kanker ganas. Tindakan bedah yang dilakukan tentu saja tergantung pula pada hasil biopsi sebelumnya. Demikian juga terapi lanjutan yang diberikan pascaoperasi akan disarankan berdasarkan hasil akhir pantauan dokter yang menangani

Kemoterapi atau bedah mastectomy (mengangkat payudara) juga tidak sembarangan. Sebab dokter akan merujuk terlebih dahulu daru hasil biopsi. Sehingga yang lebih baik adalah kenali gejala-gejala awal penyakit Paget dan segeralah periksa ke dokter. Sebab penanganan lebih awal akan membawa kesembuhan tanpa harus dilakukan tindakan operasi payudara.

* sumber lain di luar email teman adalah dari http://medicinenet.com

34 komentar:

  1. aduuwwww....ngeri aku bunda...untung aku cowok ..hehe ...salam kenal bundaa

    BalasHapus
  2. dimaafkan bun...heheh. Salam buat keluarga

    BalasHapus
  3. bundaaaaaaaaaaa cayangkk...
    maaf ya baru mampir nih..semoga bunda senantiasa sehat dan selalu semangattt..

    duhhh..ngeri euy liat picnya....
    mudah-mudahan jangan sampai kita kena penyakit ini deh...tatutttttt

    BalasHapus
  4. ngeri bunda gambarnya, dihapus aja ach.
    kaget banget tadi pas buka dasbos lihat gambar ini, bukannya mau lihat, tapi langsung aku tutupin tuch ma YM, trus aku blokir imagenya, baru berani mampir kesini, hahaha, gak berani aku lihat yang ngeri ngeri gitu..

    BalasHapus
  5. sereem lihatnya, tapi namanya penyakit kan macam macam yaa

    BalasHapus
  6. waduh bunda...ngeri amat...
    thanks infonya...semoga kita semua terhindar dari penyakit berat yah...aminnn...

    BalasHapus
  7. Apa khabar bunda? Semoga kesehatan selalu dilimpahkan buat bunda dan kedua orang tua bunda...:)

    Ngeri banget bunda baca artikel tentang paget ini. Mudah2an kita semua dijauhkan dari penyakit seperti ini ya...

    BalasHapus
  8. Info yang sangat berguna..Bunda, terimakasih kerana berkongsi ilmu...

    BalasHapus
  9. aduh nakutin deh BUn...
    makasih infonya

    BalasHapus
  10. Bunda selalu memberi info yg bermanfaat nih,jazakillah...

    BalasHapus
  11. Ihh ngeri bunda ngeliat fotonya. Semoga kita dijauhkan dari penyakit tsb

    BalasHapus
  12. waaah seram amat bun.... hmmm.. ini akibat virus kali yak

    BalasHapus
  13. wah, jangan sampe deh kena beginian, thanks infonya bun...

    BalasHapus
  14. Oalah baru tahu tentang Paget ini. Menakutkan ya Bunda, liat puting begitu rupa kebayang gatalnya. Juga hal paling menakutkan kalau perempuan payudaranya harus diangkat, tambah biaya buat beli susu kaleng si kecil

    BalasHapus
  15. Huaaaaaaaaaaaa....astafgirullah.....
    Seyemmmmmmmmmmmmmmmmm.....
    naudzubillah mindalik

    BalasHapus
  16. Info yang bermanfaat. Wah musti hati-hati neh.

    BalasHapus
  17. serem deh bunda pelototin tuh gambar..... smoga dgn lebih mengenal penyakit ini, bisa lebih tahu cara mengantisipasinya...

    BalasHapus
  18. salam kenal dari blogger siak bunga raya yang baru ngeblog dan belum tau apa2 tentang blog,dengan semangat memperkenalkan daerah saya yang belum terkoneksi dengan internet. mohon dukungan dan sarannya.

    BalasHapus
  19. semoga orang tua bunda selalu dalam keadaan sehat

    BalasHapus
  20. @ attayaya : amin... makasih ya

    @ raden : salam kenal juga and happy blogging

    @ ifoel : makasih kembali bang Ifoel..

    @ Newsoul : ya betul..

    @ brownsugar : SADARI (perikSa payuDara sendiRi) yg rajin aja bu yah..

    @ balisugar : rajin2 SADARI aja deh kalo buat ibu2 ..

    @ suryaden : makasih kembali bang Surya

    @ subagya : belum jelas penyebabnya Chal..

    @ Erik 64916 : bunda ganti tuh fotonya ... kasian sobat blogger jadi pada takut ...

    @ Ajeng : makasih kembali sayangku..

    @ Linda Belle : rajin2 SADARI ya mbak..

    @ Tirana : terimakasih kembali sayang..

    @ Umi Rina : alhamdulillah beliau berdua sudah sehat dan sudah bisa beraktivitas lagi..makasih doanya.. semoga Allah selalu memberi kita kesehatan dan kita pun selalu mensyukuri nikmatNya ya say.. salam utk anak2 tercinta

    @ Anna Fardiana : ya mBak semoga bisa terus mensyukuri nikmat sehat

    @ BIG SUGENG : betul pak

    @ Rampadan 09 : fotonya dah diganti tuh..tapi yg jelas agar sobat blogger tau ada penyakit spt ini yg belum banyak diketahui org awam spt kita2

    @ Atca : alhamdulillah sehat dan tetap setia menjaga semangat, say. fotonya dah diganti tuh.. semoga kita selalu mampu mensyukuri nikmat sehat dariNya

    @ Bang Ir : haturnuhun. Insya Allah disampaikan salam dr Bang Ir utk keluarga

    @ Berpikir dan Berjiwa Besar : Eitt..baca yg bener... laki2 juga bisa kena tuh..

    @

    BalasHapus
  21. Bun, penjelasan yang buat kaum adam mana?

    BalasHapus
  22. Ass.wr.wbuk
    Bunda saya mau nanya nii,
    untuk mencegat paget ini, kebiasaaan apa saja yang harus kita lakukan sehingga paling itdak bisa menghindarinya sejak awal.
    thanks bunda, tulisan menarik nii.
    wassalam

    BalasHapus
  23. gimana keadaan org tuanya bunda? ikut mendoakan semoga makin membaik kondisinya ya..
    makasih infonya ya..penyakit makin aneh aneh aja ya bunda

    BalasHapus
  24. peradaban makin maju, ternyata makin banyak juga jenis penyakit baru yang ditemukan ya, bunda. baru kali ini saya tahu ttg Penyakit Paget yang bisa digolongkan sbg salah satu penyakit yang berbahaya. makasih share dan infonya, bunda.

    BalasHapus
  25. ADVINTRO : mengenali gejala2 awal penyakit Paget pada kulit termasuk tanda2 eksim pada payudara (baik laki-laki/perempuan)dan kantung zakar pada pria atau pada vulva pada wanita..

    @ Neng Rara : jika ada gejala2 awal : gatal pd puting payudara dan luka kulit (eksim) yg tak kunjung sembuh pada bagian puting dan sekitar kelamin.

    @ mama hila : alhamdulillah ayah dan ibu kini sudah semakin sehat dan sudah bisa beraktivitas lagi.. oma2 dan opa2 sih aktifnya seputar bermain cucu dan buyut saja ... maturnuwun sanget dgn doanya.. penyakit masa kini makin aneh2 adalah buah dari semakin canggihnya metode penelitian dan begitu mudahnya akses informasi yg dpt kita peroleh...selebihnya adalah bagaimana kita menyikapi dan selalu mensyukuri nikmat sehat yg datang drNya..syukron

    @ Sawali Tuhusetya : makasih kembali Pak.. dengan demikian kita semakin pandai mensyukuri nikmat sehat yang Allah berikan, bukan..

    BalasHapus
  26. bunda nama penyakitnya koq horror banget *nglirik bagian dada* mudah-mudahan wen sehat teyus, begitu pun yg lainnya, amin:)

    BalasHapus
  27. @ namaku Wendy : sama mbak..bunda juga ngeri, makanya bagi2 ngerinya biar ga sendirian..hehe
    semoga kita semua diberi kesehatan ya, sayang

    BalasHapus
  28. hidup makin dinamis...
    eeeh..penyakitpun makin dinamis
    smg kita semua dapat terhindar dr penyakit ini. Amin

    BalasHapus
  29. @ Nyante Aza Lae : semoga..amin

    BalasHapus
  30. salam kenel bunda,
    q br ja gabung trus mw nanya biasanya cew' yang kena penyakit paget brp lm umurnya smp dia nggak kuat lg tolong di bls ya bunda di email q penting nieh bunda ya.....
    soal blognya keren abiest... dech bunda
    tetep smangat ya bunda

    BalasHapus
  31. Bunda tolong saya....
    saya sekarang sedang mengalami hal itu..
    puting payudara dan daerah hitam'y gatal,pedih,,pernah keluar setitik cairan merah..
    berkerak kering..
    klo cairan'y nmpel d bra kn jd kering truz pas bra'y dbuka sakit benget soal'y cairan itu nmpel d bra,,
    saya hrz k dokter apa ????????

    BalasHapus
  32. Bunda tolong saya...
    sekarang saya sedang mengalami hal itu,,
    Puting payudara dan areola gatal,, panas,, pedih,,keluar cairan..berkerak,,saat membuka bra,,kerak'y nempel d bra,, ketarik..
    sakit banget...............
    saya harus gmn ???
    saya harus ke dokter apa ????
    tolong segera jawab..
    terimakasih..

    BalasHapus
  33. Bike Attachments : What youre saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I also love the images you put in here. They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say. Diamond Blizz

    Kind Regard

    Juns

    Best to Download

    BalasHapus

sobat Bunda semua, terimakasih sudah bersedia meninggalkan komentar. Mau nyampein kritik juga boleh... Monggo tak perlu ragu-ragu.
Jika ada kekeliruan, mohon dimaafkan yaaa