Ngantor dan Berbisnis

Photobucket

1.29.2010

Yuuuk , Bersahabat Dengan si Kecil



Pernah menyaksikan acara Nanny 911? Hmh pasti semua sepakat, acara ini bermanfaat banget untuk ayah dan bunda ya. Memiliki anak-anak yang disiplin, teratur, “manis” dan cerdas pastilah dambaan semua orang tua. Tapi tentu saja semua itu tak bisa terjadi dengan instan. Semua itu perlu usaha dari kita dan pasangan saat menanamkan pola asuh untuk buah hati tercinta.

Menurut Dra. Diennaryati Tjokrosuprihartono,M.Psi, peranan ibu dalam mendampingi masa tumbuh kembang si kecil amat penting. Bahkan sejak dini bunda perlu merencanakan dan memberi perangsangan secara optimal sejak usia dini. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan anak yang cerdas, sehat, perkembangan motoriknya baik, mampu berkonsentrasi, mampu bersosialisasi.
Caranya, ajaklah anak bermain karena dengan bermain akan melahirkan emosi positif pada diri anak. Bermain juga merupakan cara belajar paling alamiah serta mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak.
Jangan lupa saat mengajak si kecil bermain, sesuaikan dengan kemampuannya. Kegiatan fisik yang dilakukan bersama-sama dengan senang hati akan melatih ketangkasan otak juga. Selain itu beberapa jenis permainan juga melatih motorik kasar, motorik halus si kecil.
Agar mereka tahu batasan, ajari sejak kecil berapa lama bunda akan bermain dengan mereka. Jika saatnya mereka harus tidur atau rehat, jangan segan katakan “Wah…kakinya udah capek ya…yuk berhenti dulu, mama juga udah capek nih…besok dilanjutkan lagi,” sambil menunjukkan keseriusan bunda mengajaknya membersihkan diri.
Setiap kegiatan bersama si kecil, usahakan tidak menggunakan kata-kata melarang atau menghardik. Namun ucapkan dengan jelas apa yang dimaksud. Meski belum paham betul, namun jika setiap kali aturan yang bunda sampaikan dengan nada menyenangkan, lama-lama si Kecil paham kok.
Keteraturan yang bunda tanamkan sejak usia bayi, akan membuat buah hati terbiasa dengan pola yang bunda terapkan.
Dalam buku Nanny 911, yang dibahas dalam talkshow bertajuk “Tips 911, Bantu Ibu Moo jadi Sahabat si Kecil” ditekankan anak nakal tidak dilahirkan tetapi diciptakan. So, jadilah sahabat si kecil pasti dunia bunda bersama putri kecil atau jagoan kecil bunda akan semakin berwarna dan bergairah.
Memang sih kebutuhan bayi masih seputar menyusu, makan, bermain dan kasih sayang. Nah keselarasan antara bunda dan si kecil merupakan modal utama terciptanya bonding yang kuat. Ikatan batin inilah yang menjadi bekal bunda dalam mengasuh dan membesarkan anak-anak yang sehat bahagia. Karena sejak dini sudah terjalin dan tumbuh saling pengertian. Jadi bersahabat dengan buah hati bunda bukanlah sesuatu yang mustahil. Yakinlah.







13 komentar:

  1. Bersahabat dengan si kecil..., jadi pengen cepet2 punya momongan, tapi....

    syaratnya harus nyari bundanya dulu...:D

    BalasHapus
  2. seru juga ya bun mengurus anak biar menjadi anak yang shaleh dan berguna buat nusa dan bangsa

    BalasHapus
  3. Bunda, masih ingat saya? Mohon maaf..Luama sekali tidak mampir kesini. Apa kabar? Semoga selalu dalam lindungan-NYA..

    BalasHapus
  4. Hee..he..

    Klo nggak salah mama saya suka dgn acara itu,,

    Sukses selalu ya,Bun...

    BalasHapus
  5. wow ... great info thanks for your blog and also my comment on your blog as a good blog thank you by that because I visit your blog and I continue to input the link, do not forget to my links

    BalasHapus
  6. wah. mantab sekali nich... 911 :D

    BalasHapus
  7. Anak memang harus jadi teman dan sahabat...
    Artikel yang sangat menarik....

    BalasHapus
  8. seneng baca blognya bunda pengen berteman nih main2 ke blogku yah..

    BalasHapus
  9. Tidak terasa bULAN rAMADhan yang penuh berkah hampir berlalu.Semoga dengan hati yang bersih kita dapat menyambut hari yang fitri dengan jiwa yang riang.

    Minal Aidhin Wal Faidzin
    "MOHON MAAF LAHIR DAN BATHIN"

    BalasHapus
  10. Terima kasih sharingnya, semoga terus berkembang ilmunya :)

    BalasHapus

sobat Bunda semua, terimakasih sudah bersedia meninggalkan komentar. Mau nyampein kritik juga boleh... Monggo tak perlu ragu-ragu.
Jika ada kekeliruan, mohon dimaafkan yaaa