Ngantor dan Berbisnis

Photobucket

12.25.2008

Renungan Jelang 1 Muharram 1430 Hijriyah

Ada tiga momen penting dalam tahun 2008 menurut kalender Hijriah. Dalam satu tahun ini umat muslim menjalani 3 kali hari besar, yakni Iedul Fitri 1429 H bertepatan dengan 10 Januari 2008M, lalu 8 Desember 2008 M kita merayakan Iedul Adha 1429 H dan menjelang penghujung tahun ini (29 Desember 2008) akan menghadapi tahun baru 1430 Hijriyah yaitu 1 Muharam atau dalam kalender Jawa disebut 1 Suro.

Renungan? Ya ini menjadi momen yang tepat untuk mengevaluasi apa yang sudah kita capai selama setahun ini. Sekaligus menjadikan Hijrah sebagai titik tolak kebangkitan. Yuk kita berdoa akhir tahun yang nanti dibaca pada hari akhir bulan Dzul Hijjah (tanggal 28 Desember) menjelang petang selepas shalat ashar.
Inilah doa (dibaca 3 kali) untuk menutup tahun Hijriah yang akan segera kita lewati..semoga barokah

Bismillaahirrahmaanirraahiim,
wa shollalloohu’alaa sayyididinaa muhammaadin wa’alaa aalihi wa shohbihii wa sallama,
Alloohumma maa’amiltu fii hadzihis sanati mimmaa nahaitanii’anhu falam atub minhu wa lam tardhohu wa lam tansahu wa hamiltu ‘alayya ba’da qudrotika ‘uquubati wa da’autanii ilattaubati minhu ba’da jiroo-atii ‘alaa ma’shiyatika fa-innii astaghfiruka faghfirlii bifadhlika wa maa’amiltuhu fiiha mimma tardhoohu wa wa’adtanii ‘alaihits tsawaba wa as-aluka.
Alloohumma yaa kariimu yaadzal jalaali wal ikroomi antaqobbalahu minnii walaa taqtho’ rojaa-i minka yaa kiriimu wa shollalloohu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shohbihii wa sallama.

Artinya :
“Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga serta para sahabat beliau. Wahai Tuhanku, apa yang hamba perbuat sepanjang tahun ini berupa perbuatan perbuatan yang Kau larang hamba melakukannya, sedangkan hamba belum bertaubat dari padanya dan Engkau tidak meridhainya dan tidak melupakannya, dan Engkau telah menyayangi hamba setelah Engkau kuasa untuk menyiksa hamba,
kemudian Engkau menyeru hamba untuk bertaubat setelah hamba bermaksiat kepadaMu. Karena itu, hamba mohon ampunan dariMu ya Rabb, maka ampunilah hamba dengan Anugerah-Mu.
Dan apa yang telah hamba kerjakan ditahun ini adalah berupa perbuatan yang Kau ridhai dan Kau janjikan pahala atasnya, hamba mohon pada-Mu Ya Allah, Dzat Yang Maha Mulia, yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, terimalah amalan hamba dan jangan hendaknya Engkau putuskan harapan hamba dari-Mu, wahai Dzat Yang Maha Mulia. Semoga rahmat dan salam tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau.”

Lalu syeitan akan bilang "Kesusahan bagiku dan sia-sialah pekerjaanku menggoda anak Adam pada setahun ini dan Allah binasakan aku. Dengan sebab mebaca doa ini, Allah ampunkan dosanya setahun ini."

Lalu untuk Doa Menyambut Tahun Baru 1 Muharam 1430 H, dibaca 3 kali
baik dibacakan malam selepas Isya' atau menjelang shubuh
doanya begini :

Bismillaahirohmaanirrohiim. wa shollalloohu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shohbihii wa sallama. Allohumma antal abadiyyul qodiimul awwalu wa ‘alaa fadhlikal ‘adliimi wujuudikal mu’awwali wahaadza’aamunjadiidun qod aqbala nas-alukal ‘ishmata fiihi minasysyaithooni wa auli yaa-ihi wa junuudihi wal ‘auni ‘alaa haadzihil ammaaroti bissuu-i wal istighooli bimaa yuqorribunii ilaika zulfa yaa dzal jallali wal ikroom. wa shollalloohu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shohbihii wa sallama.

“Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau.
Wahai Tuhanku, Engkaulah Dzat Yang Maha Kekal, Dahulu dan Awal. Hanya dengan anugrah dan kemurahan-Mu yang agung, telah datang Tahun Baru.
Di tahun ini kami memohon pemeliharaan-Mu dari Syetan, kekasihnya dan balatentaranya, dan kami memohon pertolongan-Mu atas hawa nafsu yang mengajak kepada kejelekan, dan kami memohon kesibukan dengan perbuatan yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki kebesaran dan kemuliaan. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad beserta keluarga serta para sahabat beliau.”
Kata Iblis : " Telah amanlah anak Adam ini dari godaan pada tahun ini karena Allah telah mewakilkan dua Malaikat memeliharanya dari fitnah syaitan."


Sobat2ku, adik-adik, abang, mas, kakak, mbakyu, ananda tercinta para bloggers muslim wal muslimah semoga tahun depan kita bisa berbuat lebih baik dan diberkahi Allah SWT,

amin amin amin yaaa robbal alamin

16 komentar:

  1. makasih bunda atas petunjuknya

    BalasHapus
  2. harapanku di tahun depan semoga kita bisa bertemu dengan Ramadhan kembali.

    amin...

    BalasHapus
  3. @ erik : makasih kembali mas erik
    sukses di tahun depan. amin

    @ irwan : iya nanda, semoga tahun depan bintangmu makin cemerlang,
    insya Allah kita jumpa lagi dgn ramadhan seperti harapanmu. amin

    BalasHapus
  4. intropeksi diri menjadi yang lebih baik... Selamat Tahun Baru Hijriyah 1430 H.

    BalasHapus
  5. ASSALAMUALAIKUM WR WB
    Terima kasih Bunda tausyiahnya baik sekali mudah2an bermanfaat bagi kita semua. Bisa nggak saya dapat doanya dalam tulisan arab Bunda?

    BalasHapus
  6. ahm... yah...
    semoga kedepannya bisa jadi pribadi yg lebih baik lagi.
    semakin memperbanyak amal buat bekal pulang nanti *puff*

    banyak hal yg sudah Allaah beri di tahun ini, semoga bisa jadi pelajaran yg benar2 berharga untuk ke depannya...

    hugs
    dee

    BalasHapus
  7. sebisa mungkin setiap detik berusaha selalu hijrah ke arah yang lebih baik, tahun baru hanya sebuah moment saja yang disesuaikan setiap tahunnya, selamat berjuang bun...

    BalasHapus
  8. Selamat Tahun baru Muharram ya bun???

    BalasHapus
  9. @ mochal : semoga kita semua jadi orang yang lebih baik dari hari kemarin. amin3x selamat tahun baru 1430H mas Mochal. Sukses ya

    @ shafira : wa alaikum salam wr wb.
    maafin ya Bunda ngga menyertakan huruf arabnya. tapi kalo mau bisa dapat di http://hakimubarok.multiply.com/journal/item/49/Doa_akhir_tahun_Traditional_Arabic_melengkapi_postingan_doa_akhir_tahun_

    @ dee : terimakasih. semoga kita semua menjadi manusia yang lebih baik dari hari-hari kemarin dan mendapat hikmah. ^_^ Big Hug

    @ hari Lazuardi :
    sama-sama mas..berjuang ntuk menjadi lebih baik. sukses juga untuk mas Hari

    @ unieQ : Jazakillah dan selamat tahun baru untukmu sayang..Big HuG

    BalasHapus
  10. Selamat mengharungi tahun baru Bunda

    BalasHapus
  11. @ ~PakKaramu~ : jazakallah khair ya afw..

    BalasHapus
  12. assalamualaikum

    makasih bunda
    semoga saya bisa mengamalkannya

    BalasHapus
  13. @ gubukaziz : alaikum salam
    amin3x ....salam sukses yaa

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Bike Attachments : What youre saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I also love the images you put in here. They fit so well with what youre trying to say. Im sure youll reach so many people with what youve got to say. Diamond Blizz

    Kind Regard

    Juns

    Best to Download

    BalasHapus

sobat Bunda semua, terimakasih sudah bersedia meninggalkan komentar. Mau nyampein kritik juga boleh... Monggo tak perlu ragu-ragu.
Jika ada kekeliruan, mohon dimaafkan yaaa