Ngantor dan Berbisnis

Photobucket

2.19.2009

Seberapa Penting Pasangan Anda

Seringkali kita mendengar berita di TV atau membacanya melalui media cetak betapa sering kekerasan dalam rumahtangga yang terjadi. Bukan hanya pada masyarakat kelas bawah saja, kalangan berpendidikan pun bisa melakukan penistaan terhadap pasangan. Semua juga mestinya setuju dari perempuan yang sehat akan menciptakan generasi yang sehat!
Selama ini pemahaman kesehatan perempuan lebih banyak bertumpu pada masalah fisik. Padahal faktanya banyak hal lain yang terabaikan : kondisi sosial, ekonomi dan budaya seringkali menempatkan perempuan dalam posisi yang lemah dan rentan terkena gangguan kesehatan. Kesehatan ini meliputi kesehatan fisik dan mental. Gangguan terhadap salah satunya akan menimbulkan gangguan dalam hidup.
Apalagi saat krisis ekonomi seperti sekarang ini .... masalah KDRT tak mustahil terjadi di sekitar kita.

Badan kesehatan dunia (WHO) menyatakan 10 fakta mengenai kesehatan perempuan. Merokok, infeksi HIV/penyakit kelamin, kekerasan fisik atau seksual, pernikahan dan kehamilan usia dini, dan polusi udara di dalam ruangan merupakan bagian dari 10 fakta gangguan kesehatan yang banyak terjadi pada perempuan di dunia ini khususnya negara-negara berkembang.
Yang bunda postingkan di bawah ini (belum menyangkut 10 fakta lho...) baru merupakan Hak-hak Dasar Dalam Suatu Hubungan yang pastinya perlu dipahami pasangan agar tidak terjadi KDRT :


* Hak untuk mendapatkan penghormatan atas minat dan pekerjaan yang Anda lakukan
* Hak untuk memperoleh dukungan
* Hak untuk hidup bebas dari ancaman secara fisik maupun emosional
* Hak untuk hidup bebas dari ledakan amarah dan bentakan
* Hak untuk TIDAK dipanggil dengan nama yang merendahkan diri Anda
* Hak untuk menerima itikad baik
* Hak untuk menerima dukungan emosional
* Hak untuk didengar oleh pasangan dan mendapatkan respon yang santun
* Hak untuk memiliki pandangan sendiri, meskipun pasangan Anda memiliki pandangan yang berbeda
* Hak agar apa yang Anda rasakan dan Anda alami dianggap sebagai sesuatu hal yang nyata
* Hak untuk menerima permintaan maaf yang tulus atas candaan yang Anda anggap menyinggung
* Hak untuk diminta dengan hormat, BUKAN diperintah
* Hak untuk mendapatkan jawaban yang jelas dan informatif atas segala pertanyaan yang berhubungan dengan urusan bisnis yang secara legal merupakan milik Anda

Sebab boleh jadi setiap pasangan saat mengucap janji di depan petugas pencatat pernikahan tahu komitmen apa yang harus dijalani ke depan .... hak-hak dan kewajiban sebagai isteri dan sebagai suami yang bla bla bla ....
sama halnya saat masih pacaran yang tampak masih selalu yang manis-manis ... tapi setelah masuk dalam ikatan pernikahan jadinya horor ..........


32 komentar:

  1. Alhamdulilah bunda, dah 10 tahun merit.....laki gw sabarrrrrrrrrrrrrrrrrrrr beeng.....He is the best I ever found .....pyuhhhhh jadi kangen ma ayah.....bunda salam kenal

    BalasHapus
  2. bunda, mungkin yang terpenting dalam sebuah rt masing pihak2 berperan sesuai dengan perannya dan saling menghargai. jadi kekerasan dalam rt baik suami terhadap istri maupun sebaliknya ya tidak akan terjadi. salam kenal bunda

    BalasHapus
  3. butuh saling pengertian antara kedua pasangan.... Bunda setuju?

    BalasHapus
  4. Iya bunda, kalau sama sama berusaha memehami, dan menghargai, insya Allah terhindar dari KDRT ya.

    BalasHapus
  5. menjalankan peran masing masing beriringan deh
    xixiix ntar gmn yak pas aku nikah huuuhuhuh

    BalasHapus
  6. Terimakasih sudah mengingatkan kewajiban saya bunda

    BalasHapus
  7. Siiipp estujuh banget bunda...
    Saya beruntung sekali mendapat suami yang sabar dan sayang sama aku dan keluarga...
    nice posting bunda...

    BalasHapus
  8. wah kalo saya yg Pacaran cuma saling percaya,menghargai,tidak terlalu ikut campur dalam urusan pribadi...makanya sampai sekarang aman2 aja....

    BalasHapus
  9. wah...kalo udah masalah kekerasan dlm rumah tangga dah gak bisa ditolerir lagi tuh... masa perempuan dibikin ajang tinju emang Brown nonjok Rihanna hehhee...

    BalasHapus
  10. wah kalau masalah pasangan aq kagak tau so aq belum nikah...heheh......

    BalasHapus
  11. saya lom punya pasangan nih bunda..lagi njomblo,he..he..

    BalasHapus
  12. Insya Allah saya jadi suami yang bisa bertanggung jawab dan menghargai pasangan saya.. amieen

    BalasHapus
  13. saling menghargai itu indah....
    dari sini akan tercipta kedamaian yang abadi.. benar ngga bunda..??

    BalasHapus
  14. Bunda, ada PR di pondokku.
    Mohon diterima ya

    BalasHapus
  15. wah mesti di hapalin neh bunda.. biar nanti pas nikah.. ngga lupa haknya cewek..hihihi

    BalasHapus
  16. walau belum nikah, tapi ini perlu banget neeh,.. biar nanti kalau nikah bukan cuman niat pengen kawin aja,..he he hee...

    BalasHapus
  17. Mulai awal pacaran sampe 6 tahun jalan ini, saya selalu membebaskan pacar saya buat beraktifitas, bergaul, maupun berpendapat. Sebisa mungkin saya selalu menghormati hak-haknya,karena meski kami sudah berkomitmen, tapi kami tetaplah dua individu yang punya hak dan kepentingan masing-asing.

    BalasHapus
  18. baru nyadar setelah baca postingan bunda....
    ooo harusnya gitu ya bunda?

    BalasHapus
  19. @ Yumaima : syukur alhamdulillah jika begitu aanya ..salam kenal juga

    @ Wewarna : jika sama-sama pegang komitmen sih insya Allah langgeng.

    @ Solovers : setuju banget...


    @ Erik : nilai 100 buat Bang Erik

    @ Cebong Ipiet : menyamakan visi misi sejak awal adalah bekal paling afdol ..insya Allah...ditunggu undangannya mbak ...hehehe

    @ rayearth2601 : syukron juga .... barakallah

    @ Atca : syukurlah mbak Atca .... senang bunda dengarnya.

    @ David : semoga saja begitu terus sampai nanti ke pelaminan ya ... ditunggu ah undangannya ...

    @ Lyla : makanya para perempuan harus melek hukum agar tahu pasal2 KDRT jeng...

    @ www.katobengke.com : ya gak gitulah bang Iwan ... ga bakal jomblo terus2an khan ...

    @ Kristina Dian Safitry : bunda doakan semoga cepet dapet jodo yang baik hati dan soleh untuk dirimu sayang ...

    @ Subagya : bunda ikut mengamini nih Mochal ... kapan ya bunda dpt undangannya ...

    @ Ifoell : haaa ...so sweeeeeet ...semoga saja begitu adanya ...

    @ Erik : iya bang Erik ...maturnuwun ... Insya Allah akan bunda jemput tuh si peer ...

    @ Jaloe :mangga di copas trus di foto kopi trus diberikan kepada ceweknya ... hayahhhh ...
    btw haturnuhun .....parantos komeng ...

    @ Brigadista : disarankan utk dihapalkan kemudian dikerjakan dgn seksama .........halahhhh .....
    terimakasih sudah mampir dan bersedia komentar

    @ Tukang Nggunem : siiip ... semoga tetap langgeng dan rukun2 terus yo mas...

    BalasHapus
  20. banyak juga hak2 dasarnya T__T . intinya satu yah bun . saling mengerti titik .

    ===========================================
    sama halnya saat masih pacaran yang tampak masih selalu yang manis-manis ... tapi setelah masuk dalam ikatan pernikahan jadinya horor ..........
    ===========================================
    kenyataannya nga se indah waktu pacaran hiahaha . masih banyak yg perlu disiapkan . harus mateng nih perencanaan . baru merid yihaaa . smangat fuuud ..

    BalasHapus
  21. takut juga...tapi...pasti ada jalan..asal saling percaya dan pengertian..klo cinta jangan bilang benci :D

    salam knl bunda

    BalasHapus
  22. postingan menarik Bunda, sekalian salam hangat dan salam perkenalan nih..

    Terkadang justru karena ketidakberdayaan perempuan untuk memahami apa yang prinsipil dan apa yang sudah menjadi hak dan kewajibannya justru malah memicu terjadinya KDRT. Makanya diperlukan perempuan yang sehat, baik sehat secara mental maupun fisik, disamping pemberdayaan lainnya diantaranya pembelajaran melalui media-media dan pendidikan non-formal, karena hal-hal yang bersangkutan dengan masalah perempuan seringkali didapat dari pembelajaran non-formal.

    Lebih dari itu pula, perlu diperlukan terwujudnya keinginan pengembangan diri pada diri perempuan itu sendiri, karena hal-hal demikian terkadang justru dari kaum perempuannya yang tidak mau membuka diri.

    Ada postingan tentang KDRT dari sudut pandangan hukum Islam yang pernah saya posting di blog saya bunda; http://hildafarha.blogspot.com/2008/12/pandangan-islam-terhadap-kekerasan.html
    thanks kunjungannya ya..link nya saya add ya bunda..

    BalasHapus
  23. good post...meski blum smua terlaksana bun....api ene berusaha mulai menata kehidupan...nice articles bun!

    BalasHapus
  24. @ Fuda : harus mateng? ...di rebus dulu kali ..hihi... Ya Fuda tetep semangat!!

    @ Ifat : Salam kenal juga Ifat ...senang sekali mendapat kunjunganmu

    @ Mama Hilda : matur nuwun mama Hilda ... saya link balik nih

    @ Anna d'TeepZ : thankyou dear Anna ..tetep sayang-sayangan ya ama abangnya. Cheers!

    BalasHapus
  25. Terima kasih atas segala nasehat pemikirannya bund. Selama 9 tahun menikah, alhamdulillah aku belum pernah KDRT. Aku cuma menginginkan sebuah tim keluarga yang mampu bekerja bersama-sama mengarungi bahtera hidup yang tidah pernah menurunkan tantangan dan cobaan.
    Salam hormat untuk mpunya blog...

    Cheers, frizzy.

    BalasHapus
  26. Kalau saya dapat jodoh..saya yakin banget akan jadi suami terbaik di dunia....dan akhirat

    tidak akan ada kecekcokan dan pertengkaran kalau suami istri
    saling terbuka...
    saling mengerti...
    saling memahami...
    saling menjalankan kewajiban....
    saling memenuhi hak...
    saling percaya...
    saling menjaga kesehatan agar selalu tampil fresh...sehingga tidak ada yang berpaling
    merasa sama-sama memiliki dan sejenisnya dech...walaupun saya belum kawin...tapi ngerti dikit...hi..hi..hi..

    BalasHapus
  27. @ Frizzy : syukur alhamdulillah jika begitu adanya .. terimakasih bung Frizzy ...dan jangan kerjakan PRnya ya sekalian ambil award dr bunda.

    @ Baka Kelana : Insya Allah ..amin..amin..amin.. moga2 cepet dapet jodo yg cantik fisik dan hatinya serta sholehah

    BalasHapus
  28. Wahh klo bicara masalah rmh tangga,saya bukan ahlinya,he..he..Tapi saya punya tips,pokoknya suami istri harus saling mengerti keadaan satu sama lain...

    BalasHapus
  29. @ Arief Brian : nilai 100 untuk Arief . makasih sudah hadir disini. Salam

    BalasHapus
  30. @ Suwung : maksudnya .....???
    oooo juga mas ...

    BalasHapus
  31. berharap setelah masuk dalam ikatan pernikahan juga selalu manis seperti jaman pacaran dan endak horror "amin"

    BalasHapus
  32. @ namaku Wendy : bunda mengamini ..insya Allah terus begitu dan langgeng selamanya.

    BalasHapus

sobat Bunda semua, terimakasih sudah bersedia meninggalkan komentar. Mau nyampein kritik juga boleh... Monggo tak perlu ragu-ragu.
Jika ada kekeliruan, mohon dimaafkan yaaa