Ngantor dan Berbisnis

Photobucket

9.18.2009

Prakarya Menjelang Lebaran


Assalamu alaikum sobat bunda semua.... wah pastinya sudah pada pulang mudik. Sejak beberapa hari menjelang lebaran, kalo ibu-ibu sih mestinya sudah sibuk bikin kue dan penganan yang lezat-lezat..yaaa kan..
Bunda baru libur ngantor hari ini dan tadi menyempatkan bikin asinan untuk persiapan menemani lauk pauk hari Raya. Soooo ...pagi-pagi sudah menyiapkan bahan-bahannya. Yuuuk coba bikin sendiri... cocok lho dihidangkan di hari lebaran ..

Bahan yang diperlukan :
- nenas 1 buah, setelah dibersihkan potong 20 bagian
- bengkuang 5 buah ukuran sedang, bersihkan, masing-masing belah 8 bagian
- pepaya mengkal 200 gr, potong serasi
- timun 4 buah, bersihkan ujungnya, masing-masing belah 8 bagian
semua bahan-bahan ini setelah dibersihkan, taruh pada wadah2 terpisah lalu diberi garam. aduk-aduk dan biarkan sampai layu. Jika sudah layu, cuci bersih, tiriskan dan sisihkan.

Bahan untuk kuahnya :
  • 10 sendok makan gula pasir
  • 10 sendok makan gula merah yang sudah disisir
  • 1 sendok teh garam
  • 10 buah cabai merah, buang bijinya, haluskan dengan 1 sendok teh terasi
  • 2 sendok makan cuka
  • 1 liter air
rebus cabai halus, gula pasir, gula merah, garam dan air dalam panci sampai mendidih. angkat. jika sudah hangat, masukkan cuka. tunggu sampai dingin. saring kuah.
letakkan buah-buahan dalam wadah kemudian tuang kuah asinan di atasnya. diamkan sampai meresap semua. masukkan ke dalam lemari pendingin.

Asinan buah cocok sekali dihidangkan dengan hidangan hari Raya yang banyak bersantan dan berlemak.
Selamat mencoba.....

Bunda mengucapkan selamat hari Raya Idul Fitri 1430 H...maafkan lahir dan bathin ya..untuk sobat-sobat yang bunda sayangi....................... love U all....


8 komentar:

  1. Wah asinan seger nih bunda.

    Met Iedul fitri ya.
    Mohon maaf lahir dan bathin kalau saya ada salah dan khilaf.

    Tahun ini saya gak mudik.

    BalasHapus
  2. nyumyy enak nih bunda...oh ya mau mengucapkan mohon maaf lahir dan batin maafkan bila saya ada salah :D

    BalasHapus
  3. met lebaran bunda
    maafkan kesalahan saya dalam blogwalking dan menuliskan kata..

    BalasHapus
  4. wuenak tenan...

    selamat idul fitri bun

    mohon maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  5. Bersilaturahmi kepada semua teman-teman
    Minal Aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir bathin.

    BalasHapus
  6. Bunda, asinannya bikin liurku menetes
    hmmm enak banget kayanya
    Selamat Hari Raya Idul Fitri Ya bund
    Maaf lahir dan bathin

    BalasHapus
  7. wuih mantap nih setelah menyantap banyak kolesterol di hari Lebaran emang bagus klo makan yang beginian bunda :)

    BalasHapus
  8. waduh... prakaryanya keren... hehehe... bagi2 aku jg dong bunda... :)

    BalasHapus

sobat Bunda semua, terimakasih sudah bersedia meninggalkan komentar. Mau nyampein kritik juga boleh... Monggo tak perlu ragu-ragu.
Jika ada kekeliruan, mohon dimaafkan yaaa